Wapres Terkesan VUB Jagung Balitsereal PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 27 Oktober 2011 00:00

Acara puncak Hari Pangan Sedunia ke-31 tahun ini digelar di Provinsi Gorontalo pada tanggal 20-23 Oktober 2011. Peringatan hari pangan sedunia ini di hadiri oleh Wakil Presiden Boediono, Perwakilan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), James Mc Grane, perwakilan negara sahabat, serta peserta dari instansi terkait.

Sebagaimana pada event-event sebelumnya, Badan Litbang senantiasa menjadi motor penggera aktivitas lapangan/gelar teknologi. Badan Litbang Pertanian menampilkan sejumlah teknologi terbaru seperti model pengelolaan kawasan rumah pangan lestari (KRPL), gelar teknologi variets unggul tanaman pangan (padi, jagung dan kedelai) serta gelar teknologi tanaman hortikultura dan obat-obatan.  

Balitsereal bersama-sama dengan Balit/puslit lingkup Badan Litbang Pertanian telah melakukan demplot hasil-hasil penelitian Balitsereal seperti Jagung Hibrida Bima 13Q, Bima 12Q, Bima 11, Bima 10, Bima 9, Bima 6, Bima 4, Bima 3, Bima 2 dan Jagung Pulut. Disela-sela kunjungan lapang, Wapres Boediono menyempatkan mengunjungi demplot jagung varietas Bima 10 dan berdialog dengan Kepala Balitsereal seputar keunggulan komparatif jagung varietas Bima 10 dibandingkan jagung swasta multinasional. Ka. Balitsereal menjelaskan bahwa varietas Bima 10 merupakan hasil persilangan galur elit Balitsereal dengan tingkat adaptasi yang tinggi pada lingkungan tercekam, seperti kekeringan. Potensi hasil jagung Bima 10 mencapai >13 t/ha

LAST_UPDATED2